Cara Seduh Kopi Manual

Cara Seduh Kopi Manual ...
Terlalu banyaknya orang yang bangga menjadi penikmat kopi dan kecanduan terdahap ada saja yang berhubungan dengan namanya kopi, dari cara memetik biji kopi sampai menjadi seduhan yang amat nikmat. Biasanya orang yang mengaku dirinya sebagai penggila kopi, jika berbicara apa saja maka akan menjurusnya ke hal yang berkaitan dengan biji hitam tersebut. 

Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan seduhan kopi yang nikmat. Tetapi sebelum menikmati kopi yang sesungguhnya, maka anda perlu tahu terlebih dahulu tentang cara menyeduh kopi yang baik dan benar. Anda hanya tahu bahwa kopi nikmat di hasilkan dari mesin-mesin kopi yang canggih saja, Tetapi kopi nikmat juga bisa dihasilkan dengan menggunakan alat manual atau rakitan sendiri.

Baca juga : (Harga Kemasan Kopi Arabika Pasir Wangi, Manglayang, Bandung Selatan, Puntang Siliewangi)

Seiring dengan semakin kreatifnya orang yang bereksperimen menyeduh biji kopi dengan rasa nikmat tidak kalah dengan mesin espresso. Maka cara menyeduh biji kopi dengan metode manual atau yang biasa kita sebut dengan manual brewing masuk ke dalam tiga cara, yaitu : 

Cara Pertama, Merebus bubuk kopi dengan cara mencampurkannya dengan gula, susu dan jika anda menyukai madu maka bisa menggantinya dengan madu. Setelah tercampur semua maka bisa merebusnya diatas kompor. Biasanya kopi yang dihasilkan akan sedikit tebal, berminyak dan berampas.     

Cara Kedua, Merendam/Kopi tubruk, ilmu seduh kopi ini sudah digunakan oleh kakek dan nenek moyang kita. Kopi tubruk adalah cara mudah dalam menyeduh kopi, anda cukup masukan bubuk kopi kurang lebih 2-3 sendok makan kedalam gelas dan mencampurkannya dengan dengan gula. 
Cara Ketiga Pour Over/Drip, anda hanya perlu menyediakan penyaringan atau kertas yang khusus untuk kopi. Kertas digunakan untuk menyaring bubuk kopi supaya tidak tercampur, kemudian siram secara merata sampai bubuk kopi terlihat seperti bunga yang baru mekar. Metode ini akan melewati kertas penyaringan dan akan menetes ke dalam gelas. Cara manual ini biasa digunakan dalam proses penyeduhan vietnam drip, dan cara manual lainnya seperti Clever Dripper Kalita Wave, Chemex, Hario V60 yang menggunakan kertas penyaring.       
in-usaha
Setelah mengetahui tiga step penyeduhan kopi dengan cara manual, maka anda sekarang bisa mendapatkan rasa kopi nikmat dengan aroma yang original. Sahabat penikmat kopi bisa berkreasi dengan cara diatas atau juga jika sobat mempunyai cara seduh kopi lainnya bisa share di sini. Terima kasih.